PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KABUPATEN CIREBON (PENELITIAN DI SMK CARUBAN NAGARI DAN SMK NUSANTARA)

  • Nuraeni
Keywords: pengaruh pendidikan, pelatihan dan kinerja guru

Abstract

Ditemukan adanya kesulitan untuk mewujudkan peningkatan kinerja guru yang efektif dan Melalui pelatihan yang diadakan oleh lembaga pendidikan, semua tenaga pendidik dituntut untuk selalu aktif memberikan pengarahan kepada peserta didik, melakukan observasi serta temuan-temuan yang ada pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan guru yang telah diikuti oleh setiap guru terhadap kinerja. Data yang dikumpulkan dari lapangan berupa data kuantitatif yang diolah dengan menggunakan statistika dan metode deskriptif. Pengaruh pendidikan terhadap kinerja guru dapat diperlihatkan dari hasil uji hipotesis yang diambil kesimpulan bahwa pendidikan memiliki pengaruh terhadap Kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai t       > t        yaitu 7.243 > 1.66757 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru dapat diperlihatkan dari hasil uji hipotesis yang dapat dilihat bahwa Pelatihan guru memiliki pengaruh terhadap Kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai t        > t           yaitu 5.635 > 1.66437 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil Uji F Simultan menyatakan bahwa Hasil uji F tersebut menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 97,605 dengan taraf sebesar 0,000. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan F tabel yang dihitung pada derajat bebas pembilang (df pembilang) sebesar 2 dan derajat bebas penyebut (df penyebut) sebesar 67 pada taraf 0,05 yang nilainya adalah 3.13. Tampak sangat jelas bahwa nilai F hitung (97,605) lebih besar dari F tabel (3.13), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pendidikan guru (X1), Pelatihan guru (X2) berpengaruh secara

Published
2019-06-30