Jurnal EDUCATIONEM (Refleksi Pendididkan Transformatif Berbasis Islam) Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Fahmina Cirebon didirikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang kritis dan kompeten dalam kajian keislaman serta mampu mengelola tradisi keislaman bagi peradaban yang adil dan humanis. Sarjana yang dilahirkan diharapkan mampu menguasai persoalan bidang pendidikan secara mendalam. Mereka juga mampu menerapkan serta mengembangkan sesuai dengan perkembangan sosial budaya untuk perwujudan peradaban yang adil dan humanis. Pengembangan keilmuan ini tentu saja tidak berhenti pada proses belajar mengajar di dalam ruangan, tetapi juga aktif mendesiminasikan berbagi hasil temuan ilmiah, baik di antara sesama anggota civitas akademika maupun masyarakat luas sebagai stakeholders perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penerbitan jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah sebagai media publikasi kajian ilmiah civitas akademika menjadi suatu hal yang niscaya dilakukan di perguruan tinggi. Tanpa itu, misi yang diemban perguruan tinggi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi akan sulit dicapai. Hal ini akan menjadikan perguruan tinggi tidak membumi dan berada pada posisi menara gading yang hanya bisa dipandang, namun tidak terasa manfaatnya bagi penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat luas. Jurnal ini bernama Jurnal EDUCATIONEM: Refleksi Pendididkan Transformatif Berbasis Islam. Adapun visi dari Jurnal EDUCATIONEM adalah “menjadi media publikasi bidang pendidikan berbasis keislaman, keilmuan, dan kebangsaan yang otoritatif dan memadukan teori-praktik transformasi sosial.” Sesuai dengan visi tersebut, Jurnal EDUCATIONEM mengembangkan misi sebagai berikut: 1. Mempublikasikan hasil kajian ilmiah berbasis keislaman, keilmuan, dan kebangsaan yang bermutu dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan tantangan zaman. 2. Mengartikulasikan ajaran keislaman secara kreatif, kritis, moderat, dan toleran dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 3. Memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kualitas hidup manusia yang adil, setara, dan manusiawi, serta perwujudan perdamaian dunia dan kesejahteraan umat manusia melalui publikasi kajian ilmiah. 4. Memberikan landasan intelektual, akademis, moral dan spiritual untuk perubahan sosial yang berkeadilan dan berkemanusiaan.